Cara Instal Dapodik Versi versi 4.1.0/4.1.1

Dalam rangka pemutakhiran data sekolah  semester genap tahun pedoman 2015/2016, versi dapodik 4.1.0 untuk SD,SMP dan SLB telah dirilis secara resmi di web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id  dan dapo.dikmen.kemdikbud.go.id. 

Dengan dirilisnya Dapodik Versi 4.1.0  ini diperlukan operator sekolah dapat memutakhirkan data periode semester 2 sesegera mungkin dan paling lambat data dikirimkan ke sentra untuk periode semester 2 ini pada tanggal 29 februari 2016. Seluruh sekolah tanpa kecuali yang dibawah naungan KEMDIKBUD wajib melaksanakan pemutakhiran data dapodik melalui aplikasi yang sudah disiapkan.

Aplikasi Dapodikdas versi 4.1.0 dirilis dalam bentuk Installer dikarenakan adanya perubahan dan penambahan struktur database. Sebelum melaksanakan installasi pengguna disyaratkan untuk melaksanakan uninstall Aplikasi Dapodikdas versi sebelumnya.

Adapun tatacara instal dapodik versi 4.1.0 ialah sebagai berikut:
  1. Download Instaler Dapodik versi 4.1.0  dan Prefill Dapodik di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/cms/detail/3 .
  2. Uninstal Dapodik versi sebelumnya (V 4.0.3) yang ada di komputer/laptop (Cara uninstal di Windows 7 ; Klik start, klik control panel, klik program, klik kegiatan and features, pilih Dapodik 4.0.3, klik uninstal).
  3. Simpan Preffil Dapodik yang telah unduh tadi di Local Disk C. Masukan ke dalam folder dengan nama prefill_dapodik. Sedangkan installer dapodiknya mampu disimpan di mana saja, mampu tetap di folder Download, mampu di local Disk C, D, E atau mampu di dalam flashdisk.
  4. 4. Buka Instaler Dapodik yang tadi di download. Instal Dapodik Versi 4.1.0 hingga selesai(sebaiknya instal Dapodik 4.1.0 dalam keadaan ofline/tidak terhubung ke internet) Setelah Dapodik terinstal, lakukan registrasi ulang. Instalasi selesai dan kini Dapodik Versi 4.1.0 telah terpasang di komputer/laptop, silahkan login ke Dapodik 4.1.0. Jika login berhasil pada halaman awal dapodik lakukan dulu reload dengan cara tekan ctrl dan F5 bersamaan.
Ketika pertama kali beranda dapodik terbuka pada penjelasan `Menerima BOS` tertulis tidak (Menerima BOS:Tidak). Untuk mengubah menjadi `Ya` buka tab Sekolah dan isi `Data Rinci Sekolah` menyerupai ;Sumber Listrik, daya listrik........dan seterusnya. Pada isian mendapatkan BOS biasaya sudah terisi Bersedia dan itu tidak harus diisi lagi alasannya ialah memang terkunci. Setelah semua terisi klik simpan. Tekan CTRL dan F5 Bersamaan. Lihat di beranda, maka akan tertulis ya pada poin `Menerima BOS`.

Satu lagi duduk perkara yang mungkin saja muncul ialah pada `Tabel jumlah Siswa per Rombel` seringkali kosong. Solusi biar rombel terisi dapat di lihat di tautan ini : Solusi Mengatasi Rombel Kosong

Kini Dapodik siap digunakan. Silahkan cek dan lengkapi semua data  yang belum lengkap. Dapodik Versi 4.1.0 memiliki beberapa perbedaan  dibanding versi sebelumnya. Contohnya saja di menu penugasan PTK terdapat Fitur Tambah/Ubah akun PTK (username/password) untuk saluran layanan
kementerian.

Update : Bagi rekan yang hingga ketika ini  belum instal dapodik V.4.1.0, ketika ini installer dapodik V.4.1.0 sudah tidak tersedia di http//;dapo.dikdas.kemdikbud.go.oid. Yang tersedia sekarang ialah versi terbaru yaitu V.4.1.1. Kaprikornus pribadi saja instal dapodik yang V.4.1.1 



Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...