Wisata Alternatif Bendungan Manganti Purwadadi

Bendungan Manganti terletak di Dusun manganti Desa Sidarahayu Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis. Bendungan manganti membendung Sungai Citanduy yang merupakan batas alam antara Propinsi Jawa Barat dan Jawa tengah. Apabila anda menyeberang melewati jalan raya yang juga episode depan Bendungan manganti, anda akan tiba di tempat jawa tengah tepatnya di Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap. Konon pada masa jaman Kerajaan Galuh dahulu, batas kerajaan Galuh jauh melewati sungai Citanduy hingga ke tempat sebelah barat Jawa Tengah Sekarang.
Fungsi utama dari Bendungan manganti ialah untuk sarana pengendali banjir  dan sumber baku pengairan sawah , terutama bagi tempat di Kabupaten Cilacap menyerupai Kecamatan Sidareja, Kedungreja, Wanareja, Patimuan, Gandrungmangu, Bantarsari dan Kawungan. Sedangkan di wilayah Kabupaten Ciamis, tempat yang mendapat manfaat dari Bendungan manganti ialah Kecamatan Purwadadi dan Kecamatan lakbok.
Selain fungsi utama tadi, Bendungan manganti juga menjadi berfungsi sebagai sarana rekreasi bagi masyarakat yang ada di wilayah ciamis dan cilacap, terutama tempat yang erat ke lokasi Bendungan Manganti menyerupai Banjar, Langensari, Lakbok, Purwadadi, Banjarsari, Sidareja, Kedungreja, Wanareja, Patimuan, Gandrungmangu, Bantarsari dan Kawungan. Namun tak menutup kemungkinan juga ada  pengunjung yang datang dari lokasi yang jauh dari lokasi Bendungan manganti
Pada hari ahad atau hari libur lainnya, Bendungan Manganti senantiasa dipadati oleh pengunjung yang ingin menikmati keindahan Bendungan yang dibuat pada tahun 1972 dan diresmikan tahun 1990 oleh Presiden Suharto itu. Di lokasi bendungan kita mampu botram ( Bahasa Sunda : makan bersama sahabat atau keluarga) dengan cara menggelar tikar di lokasi yang telah disediakan. Bila tidak membawa bekal dari rumah, jangan khawatir, dilokasi bendungan terdapat banyak pedagang yang menjajakan dagangannya dengan harga yang terjangkau.
       Akses jalan untuk mencapai Bendungan Manganti cukup mudah dan jalannya relatif mulus. Lebih baik menggunakan kendaraan eksklusif (mobil atau motor) sebab angkutan umum dari Banjar - Langensari - bendungan Manganti sangat jarang. Jarak dari Kota Ciamis sekitar 56 Km dengan rute Ciamis-Banjar-Langensari-Bendungan Manganti.

Sedangkan jarak dari kota Cilacap ke Bendungan Manganti sekitar 62 KM

Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...