Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2016

Dari beberapa sumber media online ramai diberitakan bahwa  tahun 2016 ini pemerintah akan mengadakan pengangkatan CPNS untuk beberapa formasi yang dibutuhkan. Ini tentu kabar yang menggembirakan bagi sebagian pencari kerja yang berminat menjadi PNS.

Berdasarkan isu dari pringsewuupdate.com tanggal 26 Mei 2016 dan liputan6.com tanggal 27 Mei 2016 disebutkan bahwa  formasi CPNS yang akan direkrut tahun 2016 sebanyak 81 ribu untuk banyak sekali formasi. Jatah terbesar sebanyak 43 ribu untuk bidang kesehatan adalah Bidan PTT dan Dokter PTT.

Sementara untuk penerimaan CPNS guru yang menyandang gelar sarjana dan berada di pulau-pulau terluar dan tertinggal (garis depan), Yuddy mengaku kebutuhannya mencapai 3.000 orang. Permintaan ini diajukan Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan ‎Anies Baswedan Sementara sebanyak 2000 orang diperuntukan bagi guru honorer yang telah memenuhi persyaratan administratif perundangan, yang dikala ini berada di tempat terdepan dan terluar.

Kuota untuk lulusan sekolah ikatan dinas sebanyak 11 ribu dan sisanya 22 ribu akan dibagi-bagi untuk instansi yang sangat membutuhkan menyerupai LIPI, BATAN, penyuluh pertanian. Dari sebanyak 22 ribu sisa kuota itu 10 ribu diantaranya diperuntukan bagi pelamar umum. 

Dalam pelaksanaannya, seleksi CPNS tersebut akan dilaksanakan secara tes melalui sistem CAT secara online sehingga diperlukan dapat menghasilkan CPNS yang berkualitas serta terhindar dari praktek KKN.

Namun  di situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, isu wacana pengangkatan CPNS dan formasinya belum ada. Hanya ada beberapa isu yang mengindikasikan sepertinya pemerintah sedang menyusun draf penerimaan CPNS 2016. Misalnya ada isu "Yuddy Pastikan Bidan PTT Diangkat Menjadi CPNS". Berita lainnya "Tak Ada Titipan dalam Rekruitmen CPNS".


Kaprikornus bijaklah dalam mencerna pemberitaan wacana rekrutmen CPNS 2016 sambil terus mencari informasi di situs resmi Kemenpan RB. Sambil menunggu kepastian wacana penerimaan CPNS tahun 2016 ini, alangkah baiknya bagi calon pelamar untuk mencoba mengikuti simulasi CAT online di situs resmi Kemenpan RB yaitu http://www.menpan.go.id/ . 





Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...