Cara Pelaporan Penggunaan Dana BOS Secara Online

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah program pertolongan pemerintah  untuk penyediaan pendanaan biaya operasional sekolah nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana jadwal wajib belajar. Dalam penggunaannya dana BOS pemerintah/Kemdikbud  telah menunjukkan rambu-rambu wacana apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dalam pengelolaan BOS di sekolah. Diharapkan dengan adanya dana BOS sekolah tidak lagi mengadakan pungutan dana dari penerima didik, sehingga jadwal wajib mencar ilmu yang telah dicanangkan pemerintah berhasil dilaksanakan.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban sekolah dalam penggunaan BOS, tiap final triwulan sekolah diharuskan melaporkan pertanggungjawaban keuangan secara ofline (berupa SPJ BOS) dan secara online melalui situs bos.kemdikbud.go.id.

Tata Cara Pelaporan BOS Secara Online

  1. Persiapkan terlebih dahulu format BOS K-7a yang telah diisi sesuai triwulan yang akan dilaporkkan.
  2. Buka portal pelaporan BOS online di alamat :http://bos.kemdikbud.go.id/ . 
  3. Masuk ke aplikasi pelaporan  dengan menggunakan isyarat registrasi sekolah (1) atau mampu login Dapodik (2). Untuk lebih mudahnya aku sarankan login Dapodik saja, sebab kalau menggunakan isyarat registrasi kadang tidak mampu masuk. Masalahnya, menurut gosip isyarat registrasi dan password yang dipakai ialah isyarat reg dan password dapodik yang pertama.
  4. Bila memilih login Dapodik, gunakan email dan password Dapodik terbaru (yang masih aktif dipakai untuk membuka Dapodik) untuk masuk ke aplikasi pelaporan BOS.
  5. Klik `lapor`  untuk melaporkan penggunaan dana BOS sekolah sesuai triwulan yang diminta.
  6. Isi sisa dana triwulan sebelumnya dengan melihat buku kas umum triwulan sebelumnya . Bila tidak ada sisa  isikan saja angka 0. Isi total dana diterima dengan melihat jumlah total dana yang diterima pada awal triwulan . Selanjutnya isi ke 13 komponen sesuai dengan formulir BOS K7a.
  7. Bila sudah selesai klik simpan. Maka pelaporan akan tersimpan di aplikasi BOS online dan rekapannya eksklusif dapat kita lihat. Bila ada kekeliruan dalam memasukan angka, klik kembali lapor (langkah ke 5) dan kemudian pilih tahun dan triwulan dengan tahun dan triwulan yang ingin kita perbaiki. Bila telah selesai perbaikan data klik kembali tombol simpan.
    Untuk keluar dari aplikasi pelaporan BOS klik log out yang posisinya berada di sebelah kiri paling bawah.

Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...