Beberapa Menu Penting DI Aplikasi Dapodik V 2016

Tampilan Dapodik Versi Tahun 2016 mengalami perubahan yang signifikan dari segi tampilan. Misalnya saja menu utama yang biasanya disimpan di sebelah atas aplikasi, kini berpindah ke sebelah kiri. Menu-menu pelengkap lainnya pun demikian. Akibatnya beberapa menu yang biasa digunakan untuk mempermudah pekerjaan posisinya berubah sehingga membingungkan pengguna.

Untuk membantu mempermudah operator sekolah dalam pekerjaannya, berikut akan dijelaskan beberapa menu yang sangat membantu pengerjaan Dapodik. 

  1.  Menu Salin Data Periodik. Menu ini berfungsi untuk menyalin data periodik sarana prasarana sekolah menyerupai Ruang Kelas, WC, Ruang Guru dan lain-lain, sehingga kita tidak harus mengentri ulang data periodik dari saran tersebut, kecuali ada perubahan kondisi sarana tersebut.. Untuk menggunakan menu ini kita tinggal masuk ke menu utama `Sarpras` dan klik menu `Salin Data Periodik`.
  2. Menu untuk meluluskan dan menaikan Peserta Didik Secara Masal. Untuk meluluskan penerima didik tingkat simpulan dan menaikan penerima didik secara otomatis dapat dilakukan dengan menggunakan `Action Menu` yang ada di menu Rombongan belajar. Dengan menu tersebut kita tidak usah meluluskan siswa simpulan satu per satu, juga dapat memunculkan rombel yang sebelumnya tidak ada dengan menu naik kelas.
  3. Menu Salin Data Periodik Siswa. Menu ini berkhasiat untuk menyalin data periodik siswa semester sebelumnya. Untuk menggunakan menu ini klik menu utama penerima didik, dan menu salin data periodik ada di sebelah bawah aplikasi.
  4. Menu salin penugasan. Menu ini berfungsi untuk menyalin penugasan PTK di sekolah terakhir.
    Demikian beberapa menu yang sangat membantu dalam pengerjaan Dapodik.
     



Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...