Menikmati Indahnya Matahari terbit (Sunrise) Di Pangandaran

Bila kita mendengar kata Pangandaran, maka yang terbayang yaitu laut yang airnya berwarna kebiruan dengan dihiasi gulungan ombak serta pantai berpasir putih. Pangandaran yaitu salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Indonesia bahkan dunia. Berada di balik Teluk Pangandaran, Pantai Pangandaran memiliki ombak yang tidak terlalu besar meskipun pantai pangandaran berada di selatan Pulau jawa yang biasanya pantai-pantai di selatan pulau jawa memiliki ombak yang besar. 
Pemandangan Pantai Barat Pangandaran dilihat dari Pananjung/Pantai Pasir Putih

Pangandaran memiliki 2 pantai yang jaraknya tidak terlalu jauh (lebih kurang 300 meter), yaitu pantai Barat dan pantai Timur. Pantai barat posisinya berada di sebelah barat Semenanjung. Pantai ini cocok untuk acara berenang sebab pantainya yang landai dan memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Di Pantai Barat kita juga mampu menyaksikan terbenamnya matahari (Sunset) di sore hari.  Sedangkan Pantai Timur berada di sebelah timur semenanjung dan sangat cocok untuk wisata masakan sebab terdapat puluhan kios dan rumah makan yang menyediakan menu hidangan laut. Di pantai Timur kita mampu melihat matahari terbit (Sunrise) apabila cuaca cerah.

Selain Pantai Barat dan pantai Timur, pangandaran juga memiliki Cagar Alam Pananjung yang merupakan daerah pelestarian tumbuhan dan hewan menyerupai kijang (uncal), monyet, komodo dan lain-lain. Dahulu, di Pananjung juga terdapat banteng jawa yang dilindungi, namun ketika ini eksistensi banteng jawa di pananjung sudah hampir punah. Pada tahun 2012 diketahui terdapat  satu banteng jawa jantan di Cagar Alam Pananjung Pangandaran, Jawa Barat. Banteng itu ditemani tiga sapi bali betina.

Di Cagar Alam Pananjung terdapat juga gua bekas peninggalan tentara Jepang. Gua itu dibuat oleh tentara Jepang sebagai daerah pemberian dari serangan tentara Sekutu ketika jepang menguasai Indonesia tahun 1942-1945.  Terdapat lebih dari dua Gua jepang di pananjung dan posisinya ada di sebelah barat cagar alam berhadapan dengan pantai barat. 

Selain melihat tumbuhan, hewan dan gua Jepang, di Pantai Barat Pananjung kita juga mampu melaksanakan acara berenang dan snorkling untuk menikmati indahnya terumbu karang yang terdapat di pantai pasir Putih. Untuk peralatannya tak perlu bingung, kita tinggal menyewanya di lokasi dengan harga sewa yang terjangkau. Untuk mencapai Pantai Pasir Putih ada dua cara, yang pertama berjalan kaki dengan cara masuk melalui pintu masuk Cagar Alam Pananjung atau dengan menggunakan perahu yang tersedia di Pantai Barat Pangandaran.
Pantai Pasir Putih
Pangandaran memang dianugerahi dengan keindahan alam dan posisi yang sangat strategis. Hanya sedikitan  disayangkan bahwa semakin hari kondisi pangandaran semakin semrawut. Bantaran pantai yang seharusnya menjadi daerah yang nyaman untuk menikmati keindahan pantai, kini dipenuhi oleh ratusan kios yang menjajakan dagangan. Belum lagi sampah yang berserakan, sedikit banyak mengurangi keindahan pantai.

Andaikan saja ada sedikit penataan, misalnya semua kios di bantaran pantai ditertibkan, maka ketika pengunjung keluar dari kendaraan, akan eksklusif menikmati indahnya hamparan pantai dengan ombak yang bergulung-gulung. Namun ini tentu saja perlu pendekatan yang tepat, sebab bagaimanapun menertibkan pedagang di pantai tanpa solusi yang sempurna hanya akan menjadikan konflik sosial yang berkepanjangan. Ini menjadi peran yang harus diselesaikan oleh Bupati pangandaran dan segenap jajarannya, sebab kalau tidak, maka suatu ketika pangandaran hanya akan menjadi kenangan saja.

Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...