Membuat Buletin Sekolah Atau News Letter dengan MS Publisher

Anda ingin membuat buletin atau majalah sekolah tapi kesulitan dalam membuat desainnya? Tak perlu galau atau risau. Ada banyak aplikasi di internet yang mampu digunakan biar impian anda tercapai. Bahkan tanpa dengan mendownload, secara default/standar apabila anda menggunakan aplikasi keluaran Microsoft, yaitu Microsoft Office, maka di dalamnya sudah terdapat aplikasi yang berjulukan Microsoft Office Publisher.

Microsoft Office Publisher (MS Publisher) ialah aplikasi perkantoran yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation yang berkantor sentra di Amerika serikat yang juga merupakan pemilik sistem operasi Microsoft Windows yang sangat terkenal. MS Publisher memiliki fungsi untuk membuat brosur, kartu bisnis,label, newsletter (surat kabar), kalender dan banyak fungsi lainnya.

Salah satu yang akan di bahas di sini ialah membuat newsletter atau buletin sekolah dengan menggunakan MS Publisher. Cukup mudah caranya, yang terpenting ada kemauan untuk berguru dan persiapkan materi-materi/berita yang akan dimasukan ke dalam newsletter yang akan dibuat. Untuk lebih lengkapnya, marilah kita ikuti gotong royong langkah-langkah membuat newsletter di bawah ini:
  1. Buka aplikasi MS publisher dengan cara mengklik ikon di desktop jika ada atau klik star, klik all aktivitas dan cari folder Microsoft Office.  Klik folder tersebut dan bila sudah terbuka, klik Microsoft Office Publisher. Karena kebetulan penulis menggunakan Windows 2007 maka tampilannya menyerupai di bawah ini ini. Apabila anda menggunakan Windows 10 langkahnya ialah klik star, klik all apps cari misrosoft office di sebelah bawah dan bila sudah ketemu klik panah di sebelah kanan goresan pena microsoft office dan klik Microsoft Publisher.
  2. Inilah tampilan Microsoft publisher 2007. Ada banyak pilihan desain dengan fungsi yang berbeda di MS Publisher. alasannya ialah kita akan membuat news letter, maka klik gambar folder yang ada goresan pena newsletter di bawahnya. 
    Microsoft Publisher 2007
    Microsoft Publisher 2010
  3. Adabanyak pilihan desain untuk newsletter yang akan kita buat. Ada News Designs, ada Classic Designs dan Blank Sizes. Silahkan pilih salah satu yang paling cocok menurut anda. Misalnya kita akan memilih salah satu desain dari kelompok Classic Designs yaitu Accent Box. Klik duakali pada gambar desain yang dipilih.
  4. Maka akan timbul gambar desain yang dipilih. Aturan penampilannya 100 % atau lebih biar mudah kita mengerjakannya. Cara mengaturnya dengan menglik menu di menu kafe sebelah atas.  
  5. Sekarang saatnya kita mengerjakan newsletter /buletin yang akan kita buat. Caranya cukup mudah, tinggal mengganti goresan pena yang ada dengan goresan pena yang kita kehendaki. Misalnya goresan pena Newsletter title ganti dengan nama buletin yang kita inginkan. Caranya tinggal klik kursor/pointer di atas kata/kalimat yang akan diganti.
  6. Begitu pula dengan bagian-bagian lainnya. Tinggal ganti judul dan isi info dengan info atau informasi yang kita inginkan.
  7. Kolom-kolom desainnya pun mampu kita atur ulang (dipindahkan atau diperkecil/diperbesar). Tinggal klik kolom yang tersebut dan silahkan perbesar atau perkecil sesuai impian dengan cara membawa pointer ke lingkaran-lingkaran kecil yang ada di sekeliling kotak. Bila pointer itu dilekatkan ke bulat tersebut akan muncul gambar panah di ujung-ujungnya. Tinggal seret kursor dengan menekan tombol mouse/laptop sebelah kanan. Seret ke arah yang dikehendaki. Untuk menghapus kolom yang tidak diperlukan, tinggal klik kolom yang ingin di hapus kemudian bawa kursor/pointer ke pinggirankolom tersebut sehingga muncul tanda + yang ujung-ujungnya ada panahnya, kemudian klik kanan dan pilih delete object.
  8. Bila halaman pertama telah final dikerjakan, maka kita masuk ke halaman selanjutnya. Caranya dengan mengklik nomor halaman yang ingin kita buka. cara pengerjaannya sama saja dengan halaman pertama.
  9. Untuk memasukan gambar, klik insert, klik picture dan akan keluar beberapa pilihan untuk memasukan gambar. Bila gambar sudah ada di laptop/komputer, klik from file.  Akan keluar jendela eksplorer dan kita tinggal mencari lokasi gambar yang kita simpan. Bila sudah ketemu, klik kotak insert yang posisinya ada di sebelah bawah. Gambar akan masuk ke Newsletter kita. Apabila gambar terlalu besar atau kecil atur gambar sesuai kolom yang tersedia. Bila gambar belum sempurna diposisinya tinggal seret gambar ke posisi yang sesuai.
  10. Untuk mengganti latarbelakang newsletter, klik menu format klik background. Di sebelah kiri terdapat beberapa pilihan warna untuk newsletter kita. Klik di kolom warna yang cocok.
  11. Untuk mewarnai kolom judul atau kolom isi berita, klik di garis kolom yang ingin kita ubah warnanya. Kemudian klik menu fill color dan pilih warna yang sesuai. Bila sudah mendapat warna yang sesuai klik di kolom warna tersebut dan kolom akan berubah warna sesuai pilihan kita.
  12. Bila pekerjaan sudah selesai, klik simpan dan namai pekerjaan kita dengan terang biar tidak susah mencarinya.
  13. Demikianlah cara membuat newsletter dengan memanfaatkan kemudahan di Microsoft Publisher 2007. Sebenarnya masih banyak lagi menu atau kemudahan di Publisher yang dapat memperindah newsletter kita. Makara bagi yang ingin, silahkan mencoba sendiri menu-menu yang belum dijelaskan di atas.

Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...