Cara Pembuatan Kode Billing Untuk Pembayaran Pajak


Mulai 1 Juli 2016, pembayaran pajak hanya mampu dilakukan dengan melalui e-billing. Ada 4 cara untuk membuat instruksi e-billing, antara lain: 1) Pembuatan e-billing melalui aplikasi elektronik DJP online, 2) Pembuatan instruksi billing melalui SMS, 3) Pembuatan instruksi billing melalui internet banking dan 4) Pembuatan e-billing melalui teller Bank/Kantor Pos.

A  Pembuatan instruksi billing melalui Aplikasi Elektronik e-Billing DJP Online
    
Pembuatan instruksi billing melalui Aplikasi Elektronik e-Billing DJP Online dilakukan dengan mengakses situs Aplikasi Elektronik e-Billing DJP Online di http://sse.pajak.go.id (SSE) atau https://djponline.pajak.go.id/account/login 

Untuk mampu membuat instruksi e-billing melalui alamat tersebut NPWP pribadi/lembaga atau perusahaan harus mendaftar terlebih dahulu di alamat di atas. Pemilik NPWP mampu eksklusif daftar  di http://sse.pajak.go.id (SSE) tanpa proses yang ribet, sebab mampu dilaksanakan dari mana saja asal online dan tidak membutuhkan e-fin. Sedangkan kalau mendaftar di djp online harus terlebih dahulu mengajukan pengaktifan e-fin ke kantor pajak pratama terdekat.

Berikut tata cara pendaftaran NPWP di di http://sse.pajak.go.id (SSE):
  1. buka alamat https://sse.pajak.go.id/ kemudian klik daftar baru
  2. Isi NPWP, e-mail, masukkan instruksi captcha, lalu klik "register". Anda akan menerima tautan untuk aktivasi akun pada email anda
  3. Buka email yang tadi didaftarakan/dimasukan, dan klik link untuk mengaktifkan akun.
  4. Bila akun sudah aktif kita mampu buka kembali alamat https://sse.pajak.go.id/  dan masuk dengan User id serta Pin yang ada di email tadi .
  5. Setelah login maka kita akan masuk ke aplikasi. NPWP, Nama, Alamat, dan kota akan otomatis terisi, Kita hanya tinggal mengisi jenis pajak, jenis setoran, masa pajak, tahun pajak dan jumlah uang yang dibayarkan pada periode bulan tersebut. Kemudian klik simpan kalau sudah merasa yakin akan kebenaran data yang diisikan.
  6. Teliti lagi isi surat setoran pajak yang telah dibuat. Bila telah yakin benar klik terbitkan instruksi billing.
  7. Akan muncul instruksi billing dan tanggal aktifnya. Print out lembar yang berisi instruksi billing tersebut dan bawa ke kantor pos, atau bank untuk pembayaran pajaknya. Bayar sebelum masa aktif billing habis.
  8. Nah demikian cara pendaftaran dan pembuatan instruksi billing untuk membayar pajak di alamat " target="_blank">disini dan tata cara pendaftaran di djp online dapat dibaca  disini.
B. Pembuatan Kode biling melalui Teller Bank/ Kantor Pos Persepsi

Selain cara di atas, pembuatan instruksi billing dapat juga melalui Teller bank atau Kantor Pos Persepsi. Melalui cara ini instruksi billing akan dibuatkan oleh petugas kantor pos atau teller bank. Adapun caranya ialah sebagai berikut:

  1. Wajib Pajak menyerahkan Surat Setoran Pajak yang sudah diisi kepada Telle
  2. Teller akan merekam berita pembayaran yang tertera dalam Surat Setoran Pajak untuk menerbitkan instruksi billing
  3. Teller akan menyerahkan cetakan instruksi billing kepada Wajib Pajak
  4. Wajib pajak meneliti cetakan instruksi billing tersebut dan memastikan bahwa berita yang ada sudah benar
  5. Wajib Pajak menandatangani bukti penerbitan instruksi billing dan serahkan kepada Teller.
  6. Selanjutnya bayarkan pajak sesuai besaran yang tertera di instruksi billing.


Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...