Cara Mudah Belajar Powerpoint 2010

Microsoft Powerpoint 2010 pada dasarnya sama saja dengan Microsoft Powerpoint 2007. Fungsinya tetap ialah untuk membuat presentasi. Perbedaannya, di Microsoft Powerpoint 2010 ada penambahan Menu Transitions, untuk pergantian slide satu dengan slide berikutnya. Menu ini di Powerpoint 2007 masih bersatu di Menu Animations. Perbedaan lain, di Menu Animatins tampilannya lebih simpel dengan pribadi ditampilkannya menu-menu animasi di menu bar. 

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan Powerpoint 2007, perubahan ini tidak terlalu mengagetkan, alasannya meski menunya agak sedikit berubah, fungsi-fungsi menu tersebut masih tetap sama. Agar lebih jelas, untuk yang gres mengenal Microsoft Powerpoint pribadi saja ikutilah langkah-langkah membbuat presentasi di Microsoft Powerpoint 2010 di bawah ini.
  1. Masuk ke aplikasi Microsoft Powerpint 2010 dengan mengklik ikon Powerpoint di layar desktop. Apabila di desktop tidak terdapat ikon Powerpoint, buka dengan cara klik start, klik semua aplikasi kemudian cari Microsoft Office dengan menggulirkan navigasi ke bawah (Windows 10).
  2. Klik panah di sebelah kanan goresan pena Microsoft Office dan cari ikon Powerpoint. Selanjutnya klik goresan pena Microsoft Powerpoint satu kali. Jendela Microsoft powerpoint akan terbuka. (Bila yang digunakan Windows 7, caranya klik start, klik all program, cari microsoft office setelah ketemu klik folder Microsoft Office tersebut sehingga akan muncul beberapa aplikasi yang menjadi bab MS Office tersebut. Klik Microsoft Powerpoint.
  3. Di layar sudah otomatis ditampilkan lembar kerja yang siap dipergunakan. Silahkan tulis judul Presentasi yang akan dikerjakan. Misalkan kita akan membuat presentasi wacana pemilu. Klik kursor di di kotak `Click to add title` dan tulis `Pemilu`. Selanjutnya di kotak `Click to add subtitle` tulis sub judul. Apabila hanya akan menulis judul saja di slide pertama ini, maka hapus saja kolom kedua ini dengan cara klik kursor di kolom yang akan dihapus, kemudian bawa kursor ke posisi garis pinggir kotak sehingga muncul gambar panah empat arah dan kemudian klik satu kali. Tekan tombol `del` di keyboard laptop.
  4. Bila goresan pena terlalu kucil, silahkan perbesar dengan cara blok dulu goresan pena yang akan diperbesar, selanjutnya klik panah yang posisinya ada di sebelah kanan menu jenis huruf. Ubah dengan angka yang sesuai, misalnya ukuran 86
  5. Apabila ingin memberi latar belakang slide dengan foto atau gambar, klik Menu Design, klik backgorund di sebelah kanan atas menu bar. Klik panah kecil di sebelah kanan tulisan. Kemudian klik menu `format background`.
  6. Klik pada lingkaran`picture or texture fill`. Kemudian klik insert form file. Akan muncul jendela pencarian. Cari lokasi gambar yang ingin dimasukan ke dalam slide. Setelah gambar ditemukan, klik menu insert di bawah jendela pencarian.
  7. Gambar akan masuk ke dalam slide. Jika gambar hanya akan dimasukan di slide pertama saja, klik close. Sedangkan kalau gambar akan dimasukan ke dalam semua slide, klik apply to all.
  8. Selanjutnya masukan slide selanjutnya dengan cara mengkilk Menu Home, kemudian  klik
    panah kecil yang berada di sebelah kanan menu new slide. Pilih slide yang cocok dengan cara mengkik di kolom yang sesuai.
  9. Akan muncul slide gres di bawah slide pertama. Tulis sub judul presentasi di kotak `Click to add title`. Misalnya kita masukan tulisan` Pengertian Pemilu`. Dikolom `Click to add teks` masukan materi yang bekerjasama dengan judul. 
  10.  Bila ingin memasukan gambar sebagai penjelas, klik menu insert, klik picture. Akan muncul kotak pencarian. Cari lokasi gambar yang ingin dimasukan dan kemudian klik insert yang posisinya di bawah jendela pencarian.
  11. Perkecil gambar kalau terlalu besar. Bila gambar menutupi tulisan, klik gambar, klik menu format dan kemudian klik menu send backward. 
  12.  Bila slide kedua telah selesai, ulangi kembali langkah ke 8 untuk memasukan slide selanjutnya hingga semua materi presentasi habis. 
  13. Setelah presentasi selesai, saatnya memilih desain slide untuk mempercantik slide yang telah dibuat. Untuk memilih desain klik menu `design`. Pilih desain dengan meletakan kursor di ikon desain yang ada. Untuk melihat gambar desain yang lain, klik panah kecil di sebelah kanan gambar desain yang berada di tengah . Pilih desain yang cocok dengan meletakan kursor di lokasi desain dan slide akan berubah sesuai desain yang dipilih. Bila sudah ada yang cocok klik di gambar desain. 
  14. Sekarang saatnya memberi animasi di slide yang telah dibuat. Kita mulai dengan halaman awal/judul slide. Klik di lokasi goresan pena judul sehingga muncul garis kotak terputus putus. Kemudian pilih menu `Animations`. Pilih animasi dari gambar yang tersedia dengan cara meletakan kursor di ikon animasi. Lihat preview slide.  Bila ingin melihat animasi yang lainnya, klik panah tengah yang berada di sebelah kanan. Bila sudah menemukan animasi yang sesuai, klik di menu animasi yang dipilih.
  15. Untuk mengatur durasi animasi mampu dilakukan dengan mengklik panah di menu `duration` yang berada di sebelah kanan
    . 
  16.  Lakukan aktivitas diatas untuk semua halaman slide. Bila telah selesai, saatnya melihat hasil kerja.  Klik menu `Slide Show`, lanjut dengan mengkik menu `From Begining`.   
  17.  Klik  panah yang posisinya ada disebelah kiri bawah presentasi untuk mebuka presentasi satu persatu ( klik juga mampu dilakukan di mana saja, otomatis ketika di klik presentasi akan berjalan.
  18. Bila telah jawaban klik menu ` End Show`. 
  19. Lakukan latihan membuat presentasi beberapa kali hingga lancar.

Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...