Cara Membuat Video Slide Show Dari Foto Dengan Movie Maker

Bagi yang sering melaksanakan presentasi atau ingin menyimpan foto ijab kabul atau kenangan lainnya dalam bentuk video slide show, ada banyak software untuk membantu mewujudkannya. Salah satu diantaranya yakni Windows Movie Maker. Windows movie maker yakni perangkat lunak yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation yang fungsinya  melakukan olah digital terhadap cuplikan-cuplikan gambar bergerak (film), misalnya untuk menambahkan animasi, efek visual ataupun sebuah redaksi singkat yang bekerjasama dengan film yang sedang disunting. Selain itu Windows Movie Maker dapat juga digunakan untuk menggabungkan foto-foto yang terpisah semoga mampu ditampilkan menjadi video yang utuh/Video slide show.

Windows Movie Maker tidak dalam satu paket dengan sistem operasi windows. Makara kita harus mendownload dan menginstalnya secar terpisah. Untuk menginstal windows Movie Maker silahkan cari di google dengan menuliskan Windows Movie Maker, SIlahkan unduh dari situs resminya yaitu Microsoft Corporation atau juga situs lain yang menyediakan aplikasi ini.

Setelah di unduh lanjutkan dengan menginstal aplikasi ini di kompuer/laptop.  Caranya mudah saja dengan cara mengklik dua kali di file aplikasi movie maker yang sudah di unduh tadi atau dengan cara klik kanan dan klik run administrator.  Selanjutnya  klik yes dan ikuti saja semua langkah-langkah yang ditampilkan hingga aplikasi selesai di download.

Selanjutnya setelah aplikasi terinstal saatnya kita menggunakan aplikasi Movie Maker ini untuk mengedit foto-foto yang kita miliki semoga mampu ditampilkan dalam format video slide show. Adapun langkah-langkah pembuatan video slide show dari foto yakni sebagai berikut.

  1.  Buka Windows Movie maker dengan cara menglik dua kali di ikon aplikasi tersebut. Untuk Windows 10 tinggal klik tombol star dan biasanay Ikon Movie Maker ada di sebelah atas.
  2. Selanjutnya jendela aplikasi Movie Maker akan terbuka. saatnya memulai proyek dengan memasukan foto atau video ke dalam aplikasi Movie maker. Caranya dengan mengklik menu add video and fotos. Selanjutnya jendela ekspoler akan terbuka. Silahkan cari lokasi foto-foto anda di simpan. Makara pastikan anda mengingat lokasi foto di simpan, apakah di lokal disk C, D atau E atau dilokasi lain daerah anda menyimpan foto.. Nama foldernya juga harus terang semoga mudah mencarinya.
  3. Kemudian blok semua foto yang ingin dimasukan ( caranya klik foto paling awal kemudian tekan tombol shift di keyboard dan klik foto yang paling akhir) dan klik open di sebelah kanan bawah. Foto akan masuk ke aplikasi movie maker. Bila masih ada foto di lokasi penyimpanan lain yang ingin dimasukan, lakukan langkah kedua sekali lagi.
  4. Bila ada foto yang tidak dikehendaki ikut masuk ke aplikasi dan ingin anda hapus, klik kanan pada gambar yang ingin di hapus dan klik menu remove. 
  5. Selanjtnya kita akan memasukan animasi semoga nanti tampilan foto tampak indah. Klik menu Animasi dan pilih animasi yang diinginkan dengan cara meletakan kursor di lokasi animasi yang dipilih. Coba beberapa animasi dan perhatikan perubahannya pada tampilan foto. Setelah mendapat animasi yang cocok, klik di lokasi animasi tadi. Pemberian animasi mampu perfoto atau sekaligus keseluruhan foto . Apabila ingin animasi yang berbeda untuk tiap foto maka klik foto satu persatu dan pilih animasi yang sesuai. Bila ingin semua foto memiliki animasi yang sama, blok semua foto yang ada ( caranya klik foto paling awal kemudian tekan tombol shift di keyboard dan klik foto yang paling akhir)dan pilih animasi yang sesuai.
  6. Selanjutnya di sebelah kanan terdapat menu yang fungsinga untuk menggerakan foto. Silahkan klik foto yang ingin di beri gerak dan pilih animasi yang sesuai. Letakan kursor di beberapa animasi dan lihat perubahan foto. Setelah mendapat yang cocok, klik animasi tersebut. Bila ingin tiap foto memiliki gerak yang berbeda, maka satu persafu foto harus di klik dan diberi animasi. Sebaliknya kalau ingin semua foto memiliki gerak yang sama, blok semua foto dan klik di animasi yang cocok.
  7. Selanjutnya kita akan menggunakan musik untuk mengiringi slide show yang kita putar. Klik kembali menu home dan klik panah kecil yang ada di sebelah kanan bawah menu add music. Ada beberap pilihan untuk memasukan musik. . Bila lokasi musik yang akan dimasukan ada di penyimpanan laptop/
    PC maka pilih ad music from PC. Pilih salah satu sub menunya, antara lain add music atau add music at the curent poin. Bila di klik salah satu dari kedua menu tersebut akan keluar jendela eksplorer. Cari lokasi musik di laptop. Bila musik yang dimaksud sudah ketemu klik file muusik yang menjadi pilihan tersebut dan klik open di kanan bawah jendela eksplorer. Musik akan otomatis masuk ke dalam aplikasi. Untuk melihat alhasil coba klik tombol play di sebelah kiri bawah aplikasi Movie maker.
  8. Bila ingin memberi judul di awal video, klik menu title dan tuliskan judul untuk video milik anda tersebut. Bila ingin menambah keterangan di tiap bab foto, klik foto yang ingin diberi keterangan dan klik menu Caption dan goresan pena keterangan yang ingin ditampilkan (lebih baik menulis judul video dan keterangan foto di bab awal sebelum memasukan animasi dan musik)
  9. Selanjutnya untuk melihat hasil pekerjaan kita, klik menu view dan menu preview full screen.
  10. Demikianlah cara sedernaha membuat video slide show dari foto dengan aplikasi movie maker. Sebenarnya masik banyak menu-menu lain untuk lebih menarik tampilan slide, mungkin di lain waktu kita jelaskan kembali.

Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...