Belajar Microsfot Powerpoint 2007 (Lanjutan)

Masih banyak menu di aplikasi Microsoft PowerPoint yang mampu digunakan untuk mempercantik dan memperindah presentasi kita. Misalnya mengubah latar belakang powerpoint dengan foto, memasukan bunyi atau video ke presentasi  dan banyak lagi yang lainnya.

Memasukan foto sebagai latar belakang presentasi

Langkah-langkah untuk memasukan foto sebagai latar belakang presentasi yaitu sebagai berikut :
  1. Buka presentasi yang ingin diubah background (latarbelakangnya). Klik halaman presentasi  yang ingin kita buat latarbelakangnya.Selanjutnya klik Menu Design. Kemudian klik panah kecil di sebelah kanan Sub Menu Background.
  2. Selanjutnya klik Menu Format Background sehingga muncul jendela baru. Klik di depan kata picture or texture fill. Selanjutnya klik kotak yang berisi kata file.
  3. Jendela eksplorer akan terbuka. Cari lokasi gambar yang kita ingin masukan ke presentasi. Apakah di C, D atau E atau di removable disk (flashdisk)?. Bila gambar ada di folder, buka foldernya dan klik gambar yang kita inginkan dan selanjutnya klik kotak insert di kanan bawah jendela eksplorer.
  4. Gambar akan masuk ke area presentasi. Jendela menu format background masih terbuka. Bila kita menginginkan gambar menjadi latar di semua halaman presentasi maka klik aply to all di jendela menu format background. Tapi jikalau kita menginginkan banckground yang berbeda-beda untuk tiap halaman presentasi, maka klik saja close. 
  5. Bila halaman yang lain ingin diberi latar yang berbeda, lakukan langkah 1 hingga dengan 4 secara berulang-ulang untuk tiap halaman presentasi.

Memasukan Sound/Suara/musik ke Presentasi

Bila presentasi yang kita buat ingin diberi sound atau musik, maka langkah yang perlu dilakukan yaitu sebagai berikut:
  1. Buka Presentasi yang telah kita buat. Klik halaman presentasi yang akan diisi dengan musik/sound.  Kemudian klik Menu Insert. Selanjutnya klik panah kecil yang ada di bawah sub menu sound.
  2. Kemudian pilih lokasi asal musik/suara yang ingin dimasukan. Apakah berasal dari file di komputer, dari clip organizer, dari CD atau pribadi merekam. Misalkan kita akan memasukan musik dari file yang tersimpan di komputer. Maka klik  sound for file. Jendela eksplorer / pencarian akan muncul dan silahkan cari lokasi dimana lagu berada. Setelah ditemukan klik file lagu tersebut dan kemudian klik insert di kanan bawah jendela eksplorer/pencarian.
  3. Akan muncul jendela dialog yang berisi pilihan automatically (otomatis) dan when clicked (ketika di klik). Pilih sesuai kebutuhan. Bila memilih automatically, maka ketiak presentasi hingga di halaman yang berisi lagu tersebut, maka secara otomatis lagu akan berbunyi. Jika memilih when clicked maka lagu akan mulai jikalau kita mengklik ikon pengeras bunyi yang ada di lokasi presentasi. 
  4. Setelah mengklik salah satu dari kedua pilihan tersebut, maka di presentasi akan muncul ikon pengeras suara. Pindahkan ikon pengeras bunyi ke posisi yang tidak mengganggu presentasi.
  5. Untuk mencoba suara/musik yang kita masukan, klik menu slide show , klik sub menu from current slide. Klik ikon pengeras bunyi untuk memainkan musik dan klik lagi ikon tersebut untuk menghentikannya.

Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...