Mengisi Data Siswa Di Bio UN SD Dengan Fasilitas Ekspor Impor File Excel

Mengisi data siswa di Bio UN SD/MI merupakan pekerjaan yang cukup melelahkan dan banyak menyita waktu. Namun hal tersebut mampu disiasati dengan cara kopi paste data dengan mengambil data siswa dari dapodik. Selain mengefesienkan pekerjaan, juga mampu menghindari kesalahan dalam penulisan nama, NISN, tanggal lahir, atau nama orangtua. Namun hal tersebut tentu saja tidak mampu pribadi dipraktekan di aplikasi Bio UN, tapi harus menggunakan menu ekspor/impor  yang terdapat di menu Bio UN.

Sebelum membuka Bio UN SD/MI terlebih dahulu persiapkan data siswa yang diambil dari dapodik. Caranya buka Dapodik, kemudian klik menu penerima didik. Selanjutnya klik panah kecil yang berada di sebelah kanan sub menu unduh. Pilih `Daftar PD`, selanjutnya biarkan sistem mengunduh data siswa dari dapodik.

Sekarang buka aplikasi Bio UN dengan cara mengklik duakali file `BIODATA UASBN. exe. Ketik user id dan password yang diberikan oleh operator Kabupaten atau UPTD.
Setelah berhasil maka akan masuk ke dalam aplikasi Bio UN SD/MI. Pilih menu ekspor/impor dan kemudian klik sub menu` Buat Format Excel`. Bila ada jendela dialog yang berisi kalimat `Format Biodata dalam xls. sudah terbentuk`, klik saja ok.
Tutup atau  minimize tampilan Bio UN yang sedang terbuka. Selanjutnya buka folder Bio UN SD dan buka format biodata siswa dalam bentuk excel.
Isi format biodata dengan data siswa dengan berpedoman data siswa hasil unduhan dari dapodik. Gunakan kemudahan filter data untuk mengatur biar data siswa hasil unduhan di dapodik hanya menampilkan siswa kelas 6 saja. Caranya buka data siswa hasil unduhan, kemudian sort data di bab `Rombel ketika ini`.
Selanjutnya tinggal copy paste nama siswa, NISN, daerah lahir, tanggal lahir dan sebagainya sesuai keoerluan. Atur lebar kolomnya dengan menyeret kolom sesuai kebutuhan. Bila data yang diminta berupa aba-aba ( misalnya aba-aba agama), lihat keterangan kodenya di aplikasi Bio UN dengan cara mengkik di bawah judul kolom yang dimaksud. Apabila kolom yang menghendaki isian aba-aba di klik, akan muncul keterangan di sebelah bawah aplikasi. Isi format biodata dengan aba-aba yang ada di keterangan tersebut.
Jika format biodata dalam bentuk excel telah terisi simpan format tersebut dalam bentuk Microsoft Excel 5.0/95 workbook(*,xls). Selanjutnya pindahkan file format biodata tadi ke Folder Biodata yang posisinya ada di dalam Folder yang diberi nama aba-aba Provinsi dan Kabupaten (misal untuk Jawa Barat Kabuapten Ciamis Nama Folder tersebut 02-14.

Buka aplikasi Bio UN, pilih menu `Ekspor/Impor`. Pilih nama sekolah kita. Selanjutnya pilih impor excel dan klik proses. Ada muncul jendela dialog ` file does not exist, klik ignori. klik ok.

Kemudian buka lagi folder Bio UN. Buka folder biodata daerah menyimpan format biodata dalam bentuk excel tadi. Ganti nama file excel tadi dengan nama yang sama dengan file DBF yang ada di folder tersebut. Nama akhiran xls nya tetap jangan diubah menjadi DBF.

Setelah selesai mengganti nama file excel tadi kemudian kembali ke aplikasi dan lakukan impor data sebagaimana tadi di atas dengan memilih format `Ekspor/Impor, pilih sekolah, pilih impor dan klik proses. Bila tidak ada kesalahan, data siswa akan masuk ke aplikasi Bio UN.

Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...