Contoh Pidato: Mengenal Budaya Daerah Untuk lebih Mencintai Indonesia

Berikut ini yaitu pola pidato bertema kebudayaan dengan judul " Mengenal Budaya Daerah Untuk lebih Mencintai Indonesia."  

Assalamu`alaikum Wr. Wb

Pertama tama dan yang paling utama, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadlirat Tuhan SWT. Atas berkat rahmat dan karunianya kita mampu berkumpul di tempat yang mulia ini dalam keadaan sehat wal afiat. Shalawat dan salam supaya tercurahlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Kepada keluarganya, kepada sahabatnya dan kepada kita semua selaku umatnya.
Penari Jaipong. Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Jaipongan

Bapak dan ibu Dewan juri yang saya hormati. Rekan-rekan sekalian yang saya cintai dan saya banggakan. Pada kesempatan ini, saya selaku perwakilan dari Sekolah Dasar Negeri  1 Cieurih akan memberikan  pidato dengan topik Mengenal Budaya Daerah Untuk Lebih Mencintai Indonesia.

Budaya menurut Wikipedia yaitu suatu cara hidup yang berkembang  dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit yaitu unsur agama, politik, adab istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan dan karya seni.

Indonesia sebagai negara kepulauan , sangat kaya akan ragam budaya. Dari Sabang hingga Merauke. Dari Mianggas hingga Rote. Terbentang ribuan gugusan pulau dengan anekaragam suku bangsa yang mendiaminya. Ada suku Jawa, Sunda, Betawi, Aceh, Bugis, Asmat dan ratusan lagi suku yang tersebar di nusantara.

Keragaman budaya di negara tercinta ini merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya. Keragam budaya tersebut menimbulkan Indonesia sebagai Zamrud di Khatulistiwa. Bhineka tunggal ika yaitu semboyan penyatu keragaman tersebut.

Keunikan ini pula yang membuat Indonesia sangat dikagumi oleh warga asing. Banyak diantara mereka yang datang ke Indonesia untuk berguru budaya dan adab istiadat yang ada di Indonesia. Mereka berguru tari, gamelan, angklung dengan tekun dan sungguh-sungguh. Sementara kita hirau tak hirau dengan budaya yang kita miliki. Tidakkah kita aib oleh mereka?

Rekan-rekan, sebagai seorang pelajar kita tentu jangan kalah oleh orang luar yang begitu tekun berguru budaya kita. Kita sebagai pemilik budaya tersebut harus lebih giat dari mereka. Ada banyak cara untuk mengenal budaya kawasan Indonesia, diantaranya:
  1. Membaca.  Ya, membaca yaitu gerbang pengetahuan. Kita mampu mempelajari dan mengenal budaya kawasan di indonesia dengan membaca. Buku-buku wacana budaya kawasan mampu kita dapatkan di perpustakaan, majalah, suratkabar atau internet.
  2. Berkunjung ke tokoh adat. Jika ada waktu, biaya dan kesempatan kita juga mampu mengunjungi tokoh adab yang memahami budaya suatu tempat. Misalnya kita berkunjung ke tokoh adab yang ada di Suku Baduy banten.
  3. Menghadiri ritual adab atau upacara adab di kawasan terdekat.  Misalnya saja kita menghadiri upacar kesepakatan nikah yang biasanya dilangsungkan dengan adab yang berlaku di kawasan tersebut
  4. Mempelajari tari-tarian tradisional, alat musik daerah, pakaian adab daerah. Banyak tarian tradisional, alat musik dan pakain adab di Indonesia. Pelajari dulu tarian atau alat musik di kawasan kita sebelum mempelajari budaya kawasan lain.
Mengenal budaya kawasan merupakan sarana untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap Indonesia. Dengan mengenal dan mempelajari budaya daerah, akan timbul rasa gembira dan rasa memilki terhadap budaya sendiri.

Dewan juri yang saya hormati dan rekan-rekan yang saya cintai dan saya banggakan
Pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak kepada rekan-rekan semua, marilah kita kenali dan lestarikan budaya kawasan yang menjadi milik kita bersama. Siapa lagi yang akan melestarikan budaya kita jika bukan diri kita sendiri.

Rupanya hanya sekian saja pembicaraan dari saya, mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati bapak/ibu dan rekan-rekan sekalian.
Wabilahi taufik walhidayah wassalamu`alaikum Wr.Wb.
Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...