Cara Menjumlahkan, Mengurangi, Mencari Rata-Rata, Nilai Terbesar dan Nilai Terkecil di Excel

Microsoft Excel merupakan aplikasi perkantoran yang wajib dipelajari oleh orang-orang yang terbiasa bergelut dengan bilangan dan perhitungan menyerupai bendahara, guru, mahasiswa, pedagang, dan lain-lain. Aplikasi ini sangat membantu meringankan beban untuk menjumlah, mengurangi, membuat rata-rata, mencari nilai terkecil atau terbesar dan sebagainya. Fungsi-fungsi tersebut dalam excel lebih dikenal dengan istilah sum untuk penjumlahan, average untuk rata-rata, min untuk nilai terkecil dan max untuk nilai terbesar. 

Dibawah ini akan dijelaskan cara penggunaan masing-masing fungsi beserta contohnya. Langkah-langkah berguru fungsi excel yakni sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi excel di laptop anda, kemudian buat data sebagaimana pola di bawah ini;
  2. Untuk mengisi jumlah di sel D14, klik sel D14. Kemudian klik menu `Auto Sum` yang berada di sebelah kanan atas aplikasi excel, tekan enter. Maka di sistem akan otomatis menjumlahkan data dari D4 hingga D14.
  3. Selanjutnya klik sel D15 untuk mengisi rata-rata (average). Klik panah kecil yang berada di kanan menu `Auto Sum`. Kemudian klik Average.
  4. Setelah itu lihat rumus average yang ada di baris rumus. Ganti goresan pena D14 dengan D13 alasannya yakni data yang akan dihitung rata-ratanya hanya hingga D13 (sampai No 10 yaitu Wahyu). Jika telah sesuai klik enter.
  5. Untuk mencari nilai terbesar (Max), ulangi lagi langkah kedua dengan mengklik panah kecil yang berada di sebelah kanan menu `Auto Sum`, kemudian klik `Max`. Jangan lupa lihat rumus Max di baris rumus dan ganti goresan pena D15 dengan D13.  Cara lain untuk mengisi nilai Max adalah: klik sel D16 kemudian masukan rumus =MAX(D4:D13). Klik enter 

    Untuk mengisi nilai terkecil ulangi langkah no 2 dan pilih Min. Jangan lupa juga mengganti goresan pena D16 menjadi D13 di baris rumus.  Atau mampu secara eksklusif klik sel D17 kemudian tulis rumus =MIN(D4:D13). Klik Enter.

    Selanjutnya klik sel F4. Tuliskan rumus =(D4-E4) klik enter.

     Untuk mengisi rumus di sel F5 hingga F13, bawa pointer kursor ke sudut sel F4 sebelah bawah sehingga muncul tanda tambah. Tekan dan tahan tombol navigasi leptop sebelah kiri (atau jikalau pakai mouse tekan mouse sebelah kiri kemudian seret kursor hingga sel F13. Otomatis rumus akan terisi.

    Demikian beberapa penggunaan rumus excel yang tentunya sangat membantu dalam mengolah data yang cukup banyak alasannya yakni tak perlu menghitung secara manual satu per satu. Ulangi acara di atas beberapa kali sehingga anda mengerti.

Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...